30 Oktober 2007

HIDUP SEHAT...

STAY HEALTHY IN 12 EASY WAYS

Sebetulnya, tak sulit untuk tetap sehat. Memang, Anda bisa mengkonsumsi berbagai macam vitamin yang penuh manfaat. Tapi, tahukah Anda kalau ada cara yang lebih mudah agar tetap bugar?

Harus menghadiri rapat di pagi hari bukanlah suatu perkara besar. Tapi, lain halnya kalau tubuh terasa tidak fit. Selain kepala menjadi pening, Anda pun merasa lemas. Akibatnya, Anda tak bisa berkonsentrasi kala memberikan presentasi pada klien penting. Bisa-bisa proyek besar itu jadi melayang begitu saja. Kesal? Sudah pasti! Namun, Cosmo punya tips praktis bagi Anda untuk menghindari situasi menyebalkan tersebut!

1. Khasiat Sarapan Percaya atau tidak, penampilan Anda sepanjang hari dipengaruhi oleh kualitas makanan di awal hari. Setelah sepanjang malam Anda tidur, kadar gula darah pasti turun. Agar tubuh tak lesu, bergairah, dan otak bisa bekerja dengan baik, isilah perut Anda. Ini supaya energi Anda dapat berproduksi dengan maksimal. Makanan yang Anda konsumsi juga harus diperhatikan. Buah-buahan, sereal, telur rebus, roti panggang, atau yoghurt adalah menu terbaik!

2. Manfaat Tidur. Kualitas tidur ternyata besar pengaruhnya pada pikiran. Biasanya, kalau semalam tidur tidak nyenyak, pasti keesokan harinya Anda akan merasa gelisah dan sedikit depresi. Karenanya, kualitas tidur yang baik terbilang cukup penting. Supaya lebih lelap, cobalah mandi dengan air panas atau minum segelas susu hangat sebelum tidur malam!

3. Keajaiban Apel. An apple a day keeps the doctor away. Ungkapan ini barangkali ada benarnya juga. Sebab, menurut penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit St.George's Hospital, London makan apel lima kali seminggu baik untuk memaksimalkan kesehatan paru-paru. Alasannya, apel mengandung zat quercetin, yaitu zat antioksidan yang paling ampuh. Jadi, Anda sudah makan apel hari ini?

4. Sensasi Vitamin C. Vitamin yang satu ini punya peranan penting untuk produktivitas kolagen yang membuat kulit terlihat bersinar dan kenyal. Namun, tubuh tidak bisa menyimpan vitamin C sehingga kalau Anda sakit, stres, atau terlalu banyak menghirup polusi. Maka, sangat perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Tak hanya jeruk saja yang bisa menjadi buah pilihan Anda, tetapi juga, kiwi, dan semangka.

5. Tenangnya Essential Oil. Penemu Aromaterapi, Robert Tisserand merekomendasikan menghirup minyak esensial untuk memaksimalkam indra penciuman, penghilang stres dan mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran. Gunakanlah minyak esensial yang belum pernah Anda coba tapi tetap dengan aroma yang cocok dan tak memusingkan. Bawa kemana pun Anda pergi. Setiap kali Anda merasa lelah, cium minyak tersebut. Tujuannya agar Anda terlepas dari stres dan selalu merasa bahagia. Hal ini baik buat perkembangan jiwa seseorang. Tapi, jangan terlalu sering menciumnya dalam sehari karena akan mengurangi keefektifan fungsinya. Maka, segera siapkan satu botol dalam tas Anda!

6. Gerak Ringan. Mungkin kelihatannya sepele, tapi stretching atau peregangan punya dampak positif bagi tubuh. Hal ini paling baik dilakukan di pagi hari. Bahkan, sebelum Anda turun dari tempat tidur. Mudah saja caranya, terlentang di atas tempat tidur. Dorong kaki kiri ke bawah tanpa harus diangkat. Lalu yang kaki kanan. Rileks. Kemudian tangan kanan dorong ke bawah, lalu yang kiri. Rileks. Terakhir, lakukan gerakan diatas, tangan dan kaki secara bersamaan. Peregangan akan membantu jalan darah menjadi lancar. Persendian juga jadi lebih lemas, agar Anda makin fleksibel dalam bergerak. Tak hanya itu, toksin-toksin dalam tubuh pun jadi terlepas!

7. Makna Magnesium. PMS (Pre-Menstrual Syndrome) terkadang terasa begitu menyiksa. Taklukanlah dengan memperbanyak asupan zat besi karena baik untuk merilekskan otot-otot tubuh. Zat ini banyak terdapat dalam pisang, brokoli, seledri, kurma, dan kacang polong. Konsumsi makanan penuh khasiat tersebut seminggu sebelum dan selama haid suapaya ANda bebas dari derita PMS!

8. Tekad Alpukat. Buah lezat ini baik buat kesehatan karena memiliki kandungan protein, karbohidrat dan lemak esensial, yang tak bisa diproduksi sendiri dalam tubuh. Lemak yang terdapat di dalam alpukat bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon, urat saraf dan kekuatan otak. Alpukat juga sumber yang baik buat vitamin E yang dapat mencegah beberapa penyakit seperti kanker. Anda juga bisa tampil makin memesona dengan buah tersebut. Sebab, alpukat membantu melembutkan kulit, mengkilapkan rambut dan menguatkan kuku Anda. Makanlah alpukat dua atau tiga kali seminggu. Dalam bentuk salad atau jus, sama enaknya!

9. Segarnya Air. Banyak penyakit yang timbul jika tubuh kekurangan air, seperti pusing, dan sakit punggung. Jika sirkulasi air ke ginjal dan kandung kemih melalui tulang belakang berkurang maka punggung akan terasa sakit. Jadi, air sangatlah penting bagi tubuh. Idealnya, dalam sehari konsumsi air, baik dari makanan dan minuman, sebanyak 2 liter. Namun jika Anda beraktifitas tinggi, konsumsi air harus lebih dari itu. Just taste the water!

10.Cepat Tepat. Agar tubuh cepat membakar kalori bukan berarti harus sering datang ke gym. Akan lebih efektif jika semua olahraga kardiovaskular yang Anda kerjakan seperti, jalan, naik tangga, hingga pekerjaan rumah tangga seperti mengepel, dilakukan dengan gerakan yang cepat dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kalori jadi cepat terbakar dan energi jadi meningkat!

11.Bebas Asap Berhenti merokok! Meski terasa nikmat, benda ini punya banyak efek buruk bagi tubuh. Mulai dari kulit kusam, gangguan pernapasan, penyakit jantung, hingga kanker. Kadar nikotin dan tar yang terkandung di dalamnya menjadi penyebab utama ini semua. Sekarang sudah bukan jamannya lagi tampil aksi dan gaya lewat rokok!

12.Tomat Hebat. Jangan keburu membayangkan saus tomat dalam botol. Sudah pasti, buah bewarna merah ini lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Zat antioksidan yang dikandungnya membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker yang mengerikan. Selain itu, tentu tomat segar terbebas dari gula yang berlebihan dan zat aditif!

Tidak ada komentar: